PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PRILAKU SEKSUAL REMAJA

Titus Tambaip

Sari


Masa remaja merupakan masa perkembangan yang ditandai oleh perubahan-perubahan yang berhubungan dengan perkembangan psikoseksual, dan juga terjadi perubahan dalam hubungan dengan orangtua dan cita-cita mereka, dimana pembentukan cita-cita merupakan proses pembentukan orientasi masa depan. Stanley Hall menyatakan bahwa masa remaja merupakan masa badai dan tekanan (storm and stress). Menurut Erickson masa remaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri. Gagasan Erickson ini dikuatkan oleh James Marcia yang menemukan bahwa ada empat status identitas diri pada remaja yaitu identity diffusion/ confussion, moratorium, foreclosure, dan identity achieved (Santrock, 2003, Papalia, dkk, 2001, Monks, dkk, 2000, Muss, 1988). Karakteristik remaja yang sedang berproses untuk mencari identitas diri ini juga sering menimbulkan masalah pada diri remaja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


http://www.kompasiana.com/lhapiye/kesulitan-orang-tua-dalam-memberikan-pendidikan-kesehatan-reproduksi-bagi-remaja_578d8d91d79373db04aa27c7

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/download/93/94

Tajmiati A, et al., Implementation Reproductive Health Module Design Childhood on Family, Journal of Health, Medicine and Nursing, www.iiste.org, ISSN 2422-8419, Vol.24, 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.