GAMBARAN STATUS KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK TUNAGRAHITA USIA 12-18 TAHUN DI SLB NEGERI WIDIASIH KECAMATAN PARI KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2015

Rudi Triyanto

Sari


Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering untuk penderita tunagrahita adalah penyakit jaringan gusi (periodontal), gigi berlubang dan gigi tidak beraturan (malokluksi). Kelainan ini juga ditambah dengan kesulitan anak untuk dapat menjaga kesehatan gigi mulutnya secara mandiri dan kurang aktifnya otot mulut untuk mendapatkan pembersihan alamiah gigi yang baik.
Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian deskriptif merupakan rancangan penelitian yang sederhana berupa sampling survey dan merupakan rancangan penelitian noneksperimental (Budiarto, 2004). Populasi penelitian adalah anak tunagrahita yang ada di SLBN Widiasih Parigi Kab. Pangandaran dengan jumlah 133 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 27 orang.
Hasil penelitian menunjukkan Indeks kebersihan gigi dan mulut (OHI-S) pada anak tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang usia 12-18 tahun di SLB Negeri widiasih Parigi Kabupaten Pangandaran rata-rata dari 27 sampel penelitian berada diantara rentang 0-1,2 dengan kriteria baik sebanyak 4 orang (14,81%), berada diantara rentang 1,3-3,0 dengan kriteria sedang sebanyak 19 orang (73,37%), berada diantara rentang 3,1-6,0 sebanyak 4 orang (14,81%). Hasil penelitian ini membuktikan terdapat gambaran status kebersihan gigi dan mulut pada anak tunagrahita ringan dan anak tunagrahita sedang di SLB Widiasih Parigi Kabupaten Pangandaran , dengan hasil pemeriksaan OHI-S yang mencapai 70% anak yang memiliki keterbelakangan mental khususnya anak tunagrahita ringan dan sedang memiliki kriteria kebersihan OHI-S sedang.
Kesimpulan gambaran kebersihan gigi dan mulut pada anak tunagrahita di SLBN widiasih kecamatan parigi kabupaten pangandaran memiliki nilai sedang yang berarti anak tunagrahita tersebut masih mampu melakukan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan baik yang diakibatkan oleh pola asuh orang tua yang maksimal dalam mendidik anak tunagrahita sejak usia dini.
Kata kunci: Status Kebersihan gigi dan mulut, Tunagrahita.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.