EFEK MENGUNYAH SATU SISI TERHADAP TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT

Rudi Triyanto, Cahyo Nugroho

Sari


Mengunyah satu sisi adalah mengunyah hanya menggunakan satu sisi saja, baik sisi sebelah kanan maupun sebelah kiri. Mengunyah makanan dengan satu sisi mulut menyebabkan otot tebal dan kuat hanya di satu sisi tersebut. Pengukuran tingkat kebersihan gigi dan mulut (Indeks OHI-S) pada Mahasiswa yang mengunyah satu sisi, diperoleh rata – rata (Indeks OHI-S) sebesar 1,2 dengan kriteria baik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan alat ukur penelitian ini menggunakan pengukuran indeks kebersihan gigi (Indeks OHI-S). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan tingkat kebersihan gigi dan mulut (Indeks OHI-S) pada mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi yang mengunyah satu sisi.
Hampir setengah dari jumlah Mahasiswa tingkat I D-III dan D-IV Jurusan Keperawatan Gigi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekes Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya yang berjumlah 61 Mahasiswa, 27 orang Mahasiswa mengunyah dengan menggunakan satu sisi dan kebanyakan mengunyah satu sisi pada bagian sebelah kiri dari pada sebelah kanan, walaupun Mahasiswa mengunyah dengan menggunakan satu sisi tetapi dengan pengetahuan cara memelihara kesehatan gigi dan mulut dan cara menyikat gigi yang tepat hal tersebut dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut tetap baik, meskipun lebih baik mengunyah dengan menggunakan dua sisi.
Kata kunci: Mengunyah, Kebersihan Gigi, Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.