KONDISI RONGGA MULUT PADA LANSIA KABUPATEN BREBES

Agung Widyagdo, Cahyo Nugroho

Sari


Gambaran kondisi rongga mulut pada lansia di Posbindu dilihat dari tingkat kebersihan gigi dan mulut dan kondisi lidah yang mengalami fissure tongue, atropi papilla lidah dan coated tongue. Kondisi gigi geligi lansia juga banyak yang mengalami kehilangan gigi sehingga menyebabkan lidah menyentuh pipi saat mengunyah, berbicara dan menelan.

Kondisi rongga mulut pada lansia dilihat dari tingkat kebersihan gigi dan mulut paling banyak dengan kriteria buruk sebanyak 56,67 %, fissure tongue 60%, atropi papilla lidah 73,33% dan coated tongue paling banyak dengan skor 3 dan skor 2 sebanyak 14 orang. Kondisi gigi geligi lansia juga banyak yang mengalami kehilangan gigi sehingga menyebabkan lidah menyentuh pipi sebanyak 46,67%.

Perubahan yang terjadi pada rongga mulut dipengaruhi oleh usia. Dimana dijumpai keadaan atropi dan kerusakan pada gigi geligi serta kehilangan gigi geligi. Atropi terjadi pada mukosa mulut dan lidah. lidah juga mengalami fissure tongue dan coated tongue. Keadaan ini membuat rongga mulut lebih peka terhadap iritasi mekanis, kimia dan bakteri. Kondisi rongga mulut lansia ini yang dijadikan sebagai bahan perimbangan dalam perawatan kesehatan, khususnya  dalam perawatan kesehatan gigi antara lain dalam perawatan prostodonsi.
Kata kunci  : Rongga mulut, Lansia, Posbindu


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.