HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN RESESI GUSI PADA KARYAWAN PABRIK KONVEKSI SYAHDIKA KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2015

Anie Kristiani

Abstract


Gingiva normal melindungi tulang alveolar dan akar gigi hingga bagian koronal dari cemento enamel junction (CEJ). Gingiva merupakan jaringan yang mudah mengalami kerusakan, pada usia dewasa kerusakan jaringan gingiva yang sering terjadi adalah resesi gingiva. Resesi gingiva dapat terjadi pada jaringan periodontal yang normal atau dapat menjadi bagian dari proses penyakit periodontal. Resesi gingiva, baik lokal atau total, merupakan salah satu tanda klinis penyakit periodontal. Resesi gingiva dapat memberikan gambaran yang komprehensif baik dari prevalensi maupun keparahan penyakit periodontal. Resesi merupakan salah satu ciri-ciri penyakit periodontal, maka prevalensi dan keparahannya menjadi kekhawatiran yang besar Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan resesi gusi pada karyawan Pabrik Konveksi Syahdika Kawalu Kota Tasikmalaya tahun 2015.

Jenis penelitiaan adalah penelitian deskriptif analitik dengan rancangan penelitian yang akan digunakan adalah cross sectional. Penelitian cross sectional bertujuan untuk menghubungkan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Pengukuran ini dilakukan pada kurun waktu tertentu secara bersamaan (Arikunto, 2005). Populasi dari penelitian ini adalah karyawan Pabrik Konveksi Syahdika Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun 2015 yang berjumlah 44 orang. Sampel adalah bagian dari populasi, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan jenis purposive sampling.

Hasil penelitian memperlihatkan Ada hubungan yang sangat erat antara pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan resesi gusi pada karyawan pabrik konveksi Syahdika Kawalu Kota Tasikmalaya dilihat dari hasil uji statistik antara dua variabel diperoleh nilai pearson chi-square = 27,325 dan didapat chi-square tabel = 23,589 oleh karena chi-square hitung > chi-square tabel (27,325>23,589) maka Hditolak, dan terlihat Asymptop signifikansinya adalah p=0,001 atau probabilitas di bawah 0,05 (p<0,05) didapatkan Hditerima dengan kata lain ada hubungan.

Kesimpulan terdapat hubungan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan resesi gusi pada karyawan pabrik konveksi Syahdika Kawalu Kota Tasikmalaya.

 Kata Kunci: Resesi gusi, pengetahuan kesehatan gigi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments