FAKTOR PENYEBAB TINGGINYA ANGKA KARIES GIGI TETAP PADA SISWA SD NEGERI 02 BANJARSARI KECAMATAN TALUN KABUPATEN PEKALONGAN

Lanny Sunarjo, Salikun Salikun, Puji Widia Ningrum

Abstract


Karies banyak dijumpai pada anak-anak sekolah dasar. Banyak faktor yang dapat menimbulkan karies gigi pada anak-anak, diantaranya adalah faktor di dalam mulut yang berhubungan langsung dengan proses terjadinya karies gigi dan faktor luar yang berhubungan tidak langsung dengan terjadinya karies gigi. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab tingginya angka karies gigi tetap pada siswa di SD Negeri 02 Banjarsari Kabupaten Pekalongan.

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Case Control Study (studi kasus-kontrol). Sampel yang digunakan berjumlah 30 responden untuk kelompok kasus dan 30 responden untuk kelompok kontrol. Uji analisa data menggunakan odd ratio.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai odd ratio untuk masing masing variabel yaitu indeks plak 3,5, viskositas saliva 2,25, hidrasi saliva 2,154, perilaku 2,071, OHI-S 1,978, pelayanan kesehatan 1,556, dan pH saliva 1,306. Nilai odd ratio dari setiap variabel >1 sehingga seluruh faktor klinis maupun non klinis memiliki pengaruh terhadap karies gigi tetap. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab yang paling dominan adalah indeks plak PHP, viskositas saliva, hidrasi saliva, perilaku dan OHI-S. Sehingga dilakukan rencana penanggulangan masalah yaitu kegiatan promotif dan kegiatan preventif. Saran untuk orang tua, siswa, sekolah dan tenaga pelayanan kesehatan untuk saling bekerjasama dalam menjaga kesehatan gigi siswa.

 

Kata Kunci : Karies gigi tetap, siswa SDN 02 Banjarsari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments